Sabtu, 10 Maret 2018

Posisi tidur perkutut

Posisi tidur perkutut memiliki lambang yang berbeda beda,sehingga dipercaya memiliki daya isyarat yang kuat yang dipakai masyarakat tempo dulu hingga saat ini sebagai tuah atau manfaat yang bisa diambil dengan memelihara burung perkutut tersebut,mengingat burung perkutut terlebih perkutut lokal membawa angsar atau tuah sendiri,sehingga tidak semua orang berani memeliharanya
ada yang berpendapat jika tidak semua orang boleh atau kuat memelihara burung yang dianggap keramat tersebut,boleh dipercaya atau tidak,itu hak masing masing individu,namun disini Ki Rekso jiwo sedikit menjelaskan tentang posisi tidur burung perkutut

Pancuran mas atau mujur
Dimana burung perkutut  tidur dengan posisi sejajar dengan tempat bertengger,sehingga kotorannya menggunung
banyak yang tidurnya ditempat bertengger,namun dapat dilihat kotorannya mengunung atau tidak,jika sejajar tentunya akan membentuk gunung,jika posisinya berubah ubah tentunya tidak akan bisa menggunung
burung perkutut yang kotorannya menggunung dipercaya membawa ketenangan,rejeki yang melimpah serta disenangi atau memudahkan dalam pergaulan

Banyu Panguripan atau Kahuripan
Dimana burung perkutut tidurnya selalu ditempat minum
burung perkutut yang tidurnya ditempat air minum yang disediakan dikandang,menandakan bahwa burung tersebut menjaga air kehidupan atau banyu panguripan,biasanya akan membuat pemiliknya terjaga kesehatannya dan awet muda

Sri lumbung/Jogo rejeki/pedaringan kebak
Dimana burung perkutut yang biasa tidur ditempat pakan yang disediakan dikandang,seolah olah menjaga makanan dari gangguan
burung perkutut yang tidurnya menjaga makanan dipercaya membawa keberkahan dalam rejeki,sehingga pemiliknya tidak kekurangan makanan atau rejeki

Jogo Boyo
Dimana burung perkutut yang biasa tidur dibawah,tidak tidur ditangkringan
burung perkutut yang tidur dibawah tangkringan biasanya waspada,menjaga atau memberi isyarat pemiliknya untuk waspada karena ada niat jahat yang akan menganggu,sehingga pemiliknya dapat mempersiapkan diri dengan semakin banyak berdoa dan waspada,sehingga energi negatif tidak menganggu

81 komentar:

  1. Ki klo burung perkutut tidurnya di tempat pakan tapi pakanya di berakin apa artinya ki... mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kwkkwkwk berti rejeki pakanmu selalu kotor wkkwkkw dr hasil kotor kwkkwk peace guyom

      Hapus
    2. Sama punya aq juga gitu pakanya di tidurinn tp banyak ootoronya

      Hapus
    3. Itu tandanya.rizkinya campur antara halal dan remang2

      Hapus
    4. Jika burung tsb pindah tangan k orang lain. Dan si tuan barunya selalu dpt rezeki halal,apakah kira2 burungnya tdk berak k tempat pakan? Terimakasihbatas pencerahannya

      Hapus
    5. Kalau burung perkutut setiap adzan magrib slalu tidur di bawah pintu sangkar.... Tapi kalau udah jam 8 dia naik lagi

      Hapus
  2. sama,punya saya juga begitu,sll tidur ditempat pakan,dan makananya diberakin

    BalasHapus
  3. Kalo tidurnya merrem gimana ki...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ki saya mau tanya saya punya burung perkutut bangkok satu sampe sekarang belum pernah mengeluarkan bunyi.. Kenapa ya ki dan termasuk jenis burung perkutut bangkok apa ya... Mihon balasannya.

      Hapus
    2. Klh perkutut bangkok gk ada mitos nya lor.,beda sma perkutut lokal

      Hapus
    3. nama ya jga burung tidur pasti dia berak tmapt tidur ya .

      Hapus
    4. Ukuran tempat makan dikasih kecip

      Hapus
  4. Ki, Burung perkutut saya berasal dari alas (liar),kotorannya luber(seperti menceret), n selalu ditidur ditempat pakan n makanannya diberakin, apa artinya, mhn pejelasannya... Tx

    BalasHapus
  5. Kalo kutut pnya ku tidur di bawah ga di tangkringan,apa penJelasanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jenis Jogo boyo , burung tersebut mempunyai kekuatan untuk menjaga pemiliknya dari aura negatif yang masuk dalam rumah. Mitosnya begitu

      Hapus
  6. Ki klo perkutut bunyi setiap azjan itu apa artinya ki..?

    BalasHapus
  7. brarti perkututnya pngn sembahyang

    BalasHapus
  8. Kalo perkutut saya selalu bobok diair minum, mungkin lagi sumuk anggap saja AC cool cool

    BalasHapus
  9. mf numpng dlor.hrgai semua prktaan itu mngsih pnjlsan.klu buat anda baik.ambil hikmahnya.klu mnurut anda jlek ya diam aja.begitu aja repootttt

    BalasHapus
  10. Salm kenal kalo komn yg asyik aja,hormti aki . kan kita dpt maskn Baik.

    BalasHapus
  11. Sri lumbung/Jogo rejeki/pedaringan kebak
    Dimana burung perkutut yang biasa tidur ditempat pakan yang disediakan dikandang,seolah olah menjaga makanan dari gangguan
    burung perkutut yang tidurnya menjaga makanan dipercaya membawa keberkahan dalam rejeki,sehingga pemiliknya tidak kekurangan makanan atau rejeki

    BalasHapus
  12. Perkutut saya tidurnya ngeruji nemplok gtu

    BalasHapus
  13. Punya saya bunyi klo malam di atas jam 00. Kadang2 jam 03 gitu.. Klo siang diem aja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. durgo ngerik niku kisanak katuranggan nya. . . mitos nya sih jelek klo d pelihara

      Hapus
    2. Durgo nguwuh.. bunyi hanya tengah malam.. Gak baik di pelihara... mitosnya sih selalu ada halangan bagi pemiliknya... Allahu alam

      Hapus
  14. Tidur mujur mitos nya apa ki

    BalasHapus
  15. Taman teman kalo komen sama aki, gaya bahasa aga sopan, kan masukkan juga buat kita.mksh

    BalasHapus
  16. Kalau manggungnya sejajar sama tankringan ....alias mujur mohon pencerannya mbah

    BalasHapus
  17. Perkutut saya tidurnya yg stu d dkt tmpt minum yg satu d bawah tangkringan

    BalasHapus
  18. Kutut-ku kalau bunyi malam sampai subuh

    BalasHapus
  19. Keterangan itu semua untuk perkutut Lokal ya ..
    .gimana kalau dengan perkutut bangkok
    .terima kasih

    BalasHapus
  20. Hu,kutut saya tidur ditempat minum apa artinya itu?kutut lokal cemani

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti burung kepanasan , cari yang tempat adem.....wkwkw

      Hapus
  21. Assalamualaikum ki Perkutut saya selalu menggelepar saat diberi makan Ki knpa ya ki

    BalasHapus
  22. Klo perkutut lokal saya tidur nya di bawah pintu terus. Knp yah? Apalagi cari kesempatan buat kabur? Mohon penjelasannya

    BalasHapus
  23. Perkutut saya tidur di atas tempat minum Ki, tp kok menurut saya jorok Ki, lha tempat minumnya kena.kotorannya dia e Ki, sehingga tiap pagi mesti ganti air terus, ini sekarang posisi tempat airnya saya pindah di pojok Sangkar Ki, tp masih juga di tiduri Ki, tp sudah sedikit lumayan karena posisi di pojok sangkar jadinya dia nangkring di tempat minum posisi dadanya yg di tempat minum, duburnya tdk, kotorannya jatuh tdk di tempat minum, 🙏🙏🙏

    BalasHapus
  24. Ki ini kutut saya lebih aneh lagi...kadang tidur dipakan kadang tidur dibawah...apa ada katuranggan doble..
    Semalam tdur dipakan,besok nya ganti tidur dibawah..

    BalasHapus
  25. Mau tanya dong saya punya burung perkutut kalo malem tidurnya diatas cepuk air dan posisi kepala turun kebawah seperti org sujud apa yaa artinya . Terima kaish

    BalasHapus
  26. ki mau tanya,..kutut saya selalu bunyi kalau ada janda semok yg lewat depan rumah,,apa kutut saya minta nikah ya ki...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Burung kutut lo tu doyan janda anying

      Hapus
    2. Suek..kututnya mata keranjang tuh..

      Hapus
    3. Kocokin aja bro anunya..kasian dia dah kebelet tuh

      Hapus
  27. Burung perkutut saya klu tidur membelakangi pintu sangkar knp ya ki

    BalasHapus
  28. Burung perkutut saya klu tidur membelakangi pintu sangkar knp ya ki

    BalasHapus
  29. Kutu sya klo tidur merem knpa ya ki

    BalasHapus
  30. jgn di buat main2 katurangga perkutut tmn2 yg gak suka alangkah baiknya gak ush komentar yg memojokkan dan menjelekkan dr pada kena mslh sy gak nakud2tin coba aja lanjutkan trs menjelekkan klo perlu jelekkan sy gpp yg menambahkan kolom komentar seperti ini maaf sblmnya semoga poro sedulor di kasih keslamata dan banyak rejeki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu gak ngerti budaya jawa mungkin orang amerika dia

      Hapus
  31. Maaf ki mau tanya kenapa perkutut saya buang kotoran ny d tempat minum ny y ki.

    BalasHapus
  32. Maaf ki mau tanya kenapa perkutut saya buang kotoran ny d tempat minum ny y ki.

    BalasHapus
  33. Burung klo pagi suka bangun duluan padahal aku nya mash tidur.ituh knpa yh?

    BalasHapus
  34. Burung terkutut saya kalu tidur selalu di bawah dan menghadap ke pintu muga selalu dalam keadaan iling aspodo

    BalasHapus
  35. Perkutut klo tidurnya selalu menghadap sejajar dengan tangkringannya itu termasuk katuranggan apa hu ???
    Mohon berbagi !!!

    BalasHapus
  36. saya melihara 2 ekor perkutut, yg satu katuranggan rajek Wesi tp tidurnya d bawah, yg satunya katuranggan rojowono tidurnya mujur dgn tangkringan,
    mohon penjelasan, trims

    BalasHapus
  37. katurangga iku yang bagus iku dilallah pembawa rizku dan penjaga dr hawa negatif

    BalasHapus
  38. ki,, perkutut saya kl tidur mujur searah dg pangkringan, itu termasuk katuranggan apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu masuke tapak jalak baik untuk tolak bala dn melindungi sipemilik dr energi negatif

      Hapus
  39. Mau tanya ki perkutut saya tidurnya searah mujur tangkringan mitosnya apa ki

    BalasHapus
  40. Mohon penjelasannya para suhu ciri mati burung perkutut kalau bunyi di bawah bukan di tangkringan mhn penjelasannya para sepuh...Krn belakangan ini bunyinya di bawah bukan di tangkringan 🙏

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. Ki mau tanya.. Burung kutut saya kalau adzan slalu bunyi..
    Apa arti ya ki.. Umur ya 5thn

    BalasHapus
  43. Salam taklim aki
    Mohon ijin bertanya, saya punya tiga ekor perkutut,
    Perkutut pertama tidur nya di tempat air minum... Dan bila mendengar suara AC manggung.
    Perkutut kedua tidur nya dibawah pinggir kotorannya jatuh tidak terdampar di sangkar

    Ketiga tidur dibawah dan kotorannya kering dan tidak menumpuk seperti cerita yang banyak dibicarakan.

    Demikian aku Terima kasih..

    BalasHapus
  44. Ki mau tanya... bp saya klo dipancing pake master gk mau bunyi. Tp sa'at sy tadarusan qur'an baik siang atau malam pasti bunyi. Sebabnya apa ki

    BalasHapus
  45. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  46. Ki kupunya 2 prkutut.l tdr dibawah,bunyinya hanya duduk saja dan koar,tapi tdk mbatek.
    2 kotoran'y menggunung tp tidur ga sejajar sama tangkringan.
    Mohon penjelasa'y

    BalasHapus
  47. Ki,kutut saya klo tidur mau nya sama istri tetanga trus,mohon pnjelasan nya.

    BalasHapus
  48. Bang sayah mau bertanya..burung perkutut sayah suka duduk sprti orang smedi,arti nya apa yah bang

    BalasHapus
  49. Ki burung saya itu kalo berak pasti mengeluarkan kotoran,itu tandanya apa ya ki

    BalasHapus
  50. Burung perkutut lokal
    saya kl tidur sejajar dgn tangkringan dan kotoranya pun menggunung dan makanan yg di sukai itu beras item,tp kl udah pagi nangkringnya pindah kadang di tempat minum kadang di tempat pakan,mohon penjelasannya Ki..

    BalasHapus
  51. Maaf ki mau tanya burung perkutut lokal saya ini kadang2 mlm berbunyi tapi tidak tiap hari. Klau pagi hari bunyi terus mohon pencerahannya ki

    BalasHapus
  52. Maap ki sy mau nanya kl kutut sy kl mlm tidurnya di bawah di depan pintu knp ya. Maap sy minta sarannya

    BalasHapus
  53. Mau tanya ki kutut saya korowelang,pancuran mas juga sri lumbung ada tiga katuranggan di satu burung minta penjelasannya ki...thanks

    BalasHapus
  54. Tanya Ki.. perkutut sy tidur di tangkringan.. tapi sudah sebulan ini sy intip tak pernah tidur.. jam 7, Jam 10 malam Sy intip tdk tidur.. Jam 11.30 tetap tdk tidur.. Jam 1 pagi tetap tdk tidur..sampe jam 4 subuh tetap melek..apa memang ada perkutut tidak tidur ya...

    BalasHapus
  55. Ikut tanya ki😌... saya dapet perkutut 2 masih anakan estimasi umur 2bulan lokal.baru di pindah sangkar jadi 1 1 yang awalnya 1 sangkar.baru 2hari di pindah sangkar 2 hari tidurnya beda.yang 1 tidur diatas air minum nya.yang 1 tidur dibawah depan pintu.apakah sampai besar seperti itu.?.....

    BalasHapus
  56. Ki mau tyk ki awalnya baru dapat burung tidurnya di tangringan & saya pindahkan di tmpat kamar kosong tiba2 burungnya berubah tidurnya di depan pintu sangkar apakah benar jogo boyo

    BalasHapus
  57. Apa maksudnya bila burung perkutut tidurnya menghadap lor



    BalasHapus